Elon Musk: Bukan Saya Pencipta Bitcoin

Jakarta - CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk membantah kabar yang menyebutkan dirinya adalah Satoshi Nakamoto si pencipta Bitcoin.

Dikutip detikINET dari Bloomberg, Rabu (29/11/2017), bantahan ini disampaikan Musk, menyusul postingan blog di akun Medium yang ditulis oleh mantan karyawan magang Tesla, Sahil Gupta[1].

Melalui tulisannya, Gupta memaparkan Bitcoin pertama pada 2008 dibuat oleh seseorang dengan ciri-ciri berikut: memiliki pemahaman mendalam mengenai bidang ekonomi dan kriptografi.

Gupta menyebutkan, kedua ciri ini dimiliki Musk. Selain itu, bos Tesla dan SpaceX ini juga menguasai bahasa coding C++ yang digunakan untuk menciptakan Bitcoin.

"Tidak benar. Seorang teman pernah mengirimkan Bitcoin beberapa tahun lalu, tapi saya lupa di mana Bitcoin-nya," kata Musk menanggapi rumor tersebut, melalui akun Twitter miliknya.

Pernyataan singkat ini langsung mematahkan spekulasi Gupta. Alhasil, misteri siapa pencipta mata uang virtual tersebut masih akan terus bergulir.

Seperti diketahui, Bitcoin kian mencuri perhatian, terutama karena harga per kepingnya menembus USD 10.000 atau Rp 135 juta untuk pertama kalinya baru-baru ini.

Bitcoin dikembangkan pada 2008 oleh seorang yang anonim. Saat diluncurkan, nilainya hanya beberapa sen saja. Siapa sangka, nilainya terus meroket.

Pada akhir Agustus 2013, nilai total Bitcoin yang beredar sudah melebihi USD 1,5 miliar dengan total transaksi pertukaran bernilai jutaan dolar setiap harinya. Dalam jangka waktu lima tahun terakhir, nilai Bitcoin sudah naik 40.000%. (rns/rou)

References

  1. ^ Sahil Gupta (inet.detik.com)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments